PENGANTAR STRUKTUR DATA
Implementasi data dengan komputer memerlukan
hal-hal berikut:
- Pemahaman masalah secara menyeluruh dan persiapan data
- Keputusan operasi-operasi yang dilakukan terhadap data
- Penyimpanan data-data pada memori sehingga tersimpan dan terstruktur secara logis, operasinya efisien
- Pengambilan keputusan terhadap bahasa pemrograman mana yang paling cocok untuk jenis data yang ada
Perbedaan antara Tipe Data, Obyek
Data dan Struktur Data. Tipe data adalah
jenis data yang
ditangani oleh suatu
bahasa pemrograman pada komputer.
Tiap-tiap bahasa pemrograman memiliki tipe data yang memungkinkan:
- Deklarasi terhadap variabel tipe data tersebut
- Menyediakan kumpulan operasi yang mungkin terhadap variabel bertipe data tersebut
- Contoh tipe data di C? Java? Pascal? .NET?
- Obyek Data adalah kumpulan elemen yang mungkin untuk suatu tipe data tertentu. Misalnya: tipe data integer mengacu pada obyek data -32768 s/d 32767, byte 0 s/d 255, string adalah kumpulan karakter maks 255 huruf
Struktur Data
adalah cara penyimpanan dan pengorganisasian data-data pada memori
komputer maupun file
pada media penyimpanan
secara efektif sehingga dapat
digunakan secara efisien,
termasuk operasi-operasi di
dalamnya. Di dalam struktur data kita berhubungan dengan 2 aktivitas:
- Mendeskripsikan kumpulan obyek data yang sah sesuai dengan tipe data yang ada
- Menunjukkan mekanisme kerja operasi-operasinya. Contoh: integer (-32768 s/d 32767) dan jenis operasi yang diperbolehkan adalah +, -, *, /, mod, ceil, floor, <, >, != dsb. Struktur data = obyek data + [operasi manipulasi]
Dengan pemilihan struktur data yang baik, maka
problem yang kompleks dapat diselesaikan
dengan algoritma yang dapat
digunakan secara efisien, operasi-operasi penting dapat dieksekusi dengan
sumber daya yang lebih kecil, memori lebih kecil, dan waktu eksekusi yang lebih
cepat. Ciri algoritma yang baik menurut Donald E.Knuth:
- Input: ada minimal 0 input atau lebih
- Ouput: ada minimal 1 output atau lebih
- Definite: ada kejelasan apa yang dilakukan
- Efective: langkah yang dikerjakan harus efektif
- Terminate: langkah harus dapat berhenti (stop) secara jelas
Tidak semua struktur data baik
dan sesuai. Contoh untuk problem data bank, problem pengurutan
dan pencarian data berbeda.
ADT (Abstract Data Type) atau Tipe Data
Bentukan
Bahasa
pemrograman bisa memiliki tipe data:
- Built-in : sudah tersedia oleh bahasa pemrograman tersebut tidak berorientasi pada persoalan yang dihadapi.
- UDT : User Defined Type, dibuat oleh pemrogram. Mendekati penyelesaian persoalan yang dihadapi Contoh: record pada Pascal, struct pada C, class pada Java
- ADT : Abstract Data Type memperluas konsep UDT dengan menambahkan pengkapsulan atau enkapsulasi, berisi sifat-sifat dan operasioperasi yang bisa dilakukan terhadap kelas tersebut. Contohnya class pada Java. Bahasa C memiliki tipe data numerik dan karakter (seperti int, float, char dan lain-lain). Disamping itu juga memiliki tipe data enumerasi dan structure. Bagaimana jika ingin membuat tipe data baru?
Contoh 1
membuat tipe data baru dengan perintah typedef
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
typedef int angka;
typedef float pecahan;
typedef char huruf;
void main(){
clrscr(); //system(“clr”);
angka umur;
pecahan pecah; huruf h;
huruf nama[10];
printf("masukkan umur anda : ");
scanf("%d",&umur);
printf("Umur anda adalah %d",umur);
printf("\nmasukkan bilangan pecahan : ");
scanf("%f",&pecah);
printf("Bilangan pecahan %f",pecah);
printf("\nmasukkan huruf : ");
h=getche();
printf("\nHuruf anda %c",h);
printf("\nmasukkan nama : ");
scanf("%s",nama);
printf("Nama anda %s",nama);
getch();
}
Hasil
eksekusi program di atas
Tipe Data Struct
Struct
adalah tipe data bentukan yang berisi kumpulan variabel-variabel yang bernaung
dalam satu nama
yang sama dan
memiliki kaitan satu sama lain. Berbeda dengan array hanya
berupa kumpulan variabel yang bertipe data sama, struct bisa memiliki
variabel-variabel yang bertipe data sama atau berbeda, bahkan bisa menyimpan
variabel yang bertipe data array atau struct itu sendiri. Variabel-variabel yang
menjadi anggota struct
disebut dengan elemen struct.
Bentuk umum:
typedef struct{
tipe_data
<nama_var>;
tipe_data
<nama_var>;
}
Ilustrasi
Struct
Struct
bisa diumpamakan sebagai sebuah obyek, misalnya: obyek Mahasiswa. Struct Mahasiswa
memiliki property atau atribut atau variabel yang melekat padanya:
1.
NIM yaitu karakter sejumlah 8
2.
Nama yaitu karakter
3.
IPK yaitu bilangan pecahan
Struct tidak memiliki operasi
(method) atau function. Struct dapat digunakan dengan cara membuat variabel yang
bertipe struct tersebut. Misalnya : variabel anton bertipe struct Mahasiswa,
variabel erick bertipe struct Mahasiswa. Dengan demikian variabel anton dan
erick memiliki NIM, Nama, dan IPK masing-masing
Pendeklarasian dan penggunaan
Struct (1) (menggunakan typedef)
typedef struct Mahasiswa{
char NIM[8];
char nama[50];
float ipk;
};
//untuk menggunakan
struct Mahasiswa dengan
membuat variabel mhs
dan mhs2 Mahasiswa mhs,mhs2;
//untuk menggunakan
struct Mahasiswa dengan
membuat variabel array
m; Mahasiswa m[100];
Pendeklarasian dan penggunaan
Struct (2) (tanpa menggunakan typedef)
struct{
char NIM[8];
char nama[50];
float ipk;
} mhs;
Berarti kita
sudah mempunyai variabel mhs yang
bertipe data struct seperti diatas. Cara penggunaan struct
dan pengaksesan elemen-elemennya:
- penggunaan/pemakaian tipe data struct dilakukan dengan membuat suatu variabel yang bertipe data struct tersebut,
- pengaksesan elemen struct dilakukan secara individual dengan menyebutkan nama variabel struct diikuti dengan operator titik (.).
Misalnya dengan struct mahasiswa
seperti contoh di atas, kita akan akses elemen-elemennya seperti contoh
berikut:
Contoh 2
membuat struct dan pengaksesan elemennya
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
//Pendeklarasian tipe data baru struct Mahasiswa
typedef struct Mahasiswa{
char NIM[9];
char nama[30];
float ipk;
};
void main(){
//Buat variabel mhs bertipe data Mahasiswa Mahasiswa mhs;
clrscr();
printf("NIM
= ");
scanf("%s",mhs.NIM);
printf("Nama
= ");
scanf("%s",mhs.nama);
printf("IPK
= ");
scanf("%f",&mhs.ipk);
printf("Data Anda :
\n");
printf("NIM
: %s\n",mhs.NIM);
printf("Nama
: %s\n",mhs.nama);
printf("IPK
: %f\n",mhs.ipk);
getch();
}
Hasilnya eksekusi program di atas:
Contoh 3
Membuat Struct dan pengaksesan elemennya
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#define phi 3.14
//langsung dianggap variabel 'lingkaran'
struct {
float jari2;
float keliling;
float luas;
} lingkaran;
//fungsi void untuk menghitung luas lingkaran
void luasLingkaran(){
//langsung menggunakan luas lingkaran asli
lingkaran.luas = lingkaran.jari2*lingkaran.jari2*phi;
printf("\nLuas lingkaran = %f",lingkaran.luas);
}
//fungsi yang mengembalikan nilai float
//untuk menghitung keliling lingkaran
float kelLingkaran(float j){
return (2*phi*lingkaran.jari2);
}
int main(){
clrscr();
printf("Jari-jari =
");
scanf("%f",&lingkaran.jari2);
//panggil fungsi luasLingkaran
luasLingkaran();
//panggil fungsi keliling,
//nilai kembaliannya dikirim ke keliling lingkaran asli
lingkaran.keliling =
kelLingkaran(lingkaran.jari2);
//tampilkan keliling lingkaran asli
printf("\nKeliling lingkaran =
%f",lingkaran.keliling);
getch();
}
Hasil
eksekusi program di atas
Struct yang berisi struct lain
Contoh 4
struct yang berisi struct lain
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
typedef struct Date{
int dd;
int mm;
int yyyy;
};
typedef struct Time{
int h;
int m;
int s;
};
typedef struct Login{
int ID;
Date tglLogin;
Time waktuLogin;
};
int main(){
Login user1;
printf("USER
1\n");
printf("ID :
");
scanf("%d",&user1.ID);
printf("Tanggal Login\n");
printf("Hari :
");
scanf("%d",&user1.tglLogin.dd);
printf("Bulan :
");
scanf("%d",&user1.tglLogin.mm);
printf("Tahun :
");
scanf("%d",&user1.tglLogin.yyyy);
printf("Waktu Login\n");
printf("Jam :
");
scanf("%d",&user1.waktuLogin.h);
printf("Menit :
");
scanf("%d",&user1.waktuLogin.m);
printf("Detik :
");
scanf("%d",&user1.waktuLogin.s);
printf("Terimakasih\n");
printf("Data Anda
:\n");
printf("ID : %d\n",user1.ID);
printf("Date: %d - %d -%d\n",user1.tglLogin.dd,
user1.tglLogin.mm,user1.tglLogin.yyyy);
printf("ID : %d:%d:%d\n",user1.waktuLogin.h,
user1.waktuLogin.m,user1.waktuLogin.s);
getch();
}
Hasil eksekusi
program di atas
Array of Struct
Contoh 5
Struct dengan array
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
typedef struct Date{
int dd;
int mm;
int yyyy;
};
typedef struct Time{
int h;
int m;
int s;
};
typedef struct Login{
int ID;
Date tglLogin;
Time waktuLogin;
};
int main(){
Login user[3]; //3 user
for(int i=0;i<3;i++){
printf("\nUSER ke-%d\n",i+1);
printf("ID :
");
scanf("%d",&user[i].ID);
printf("Tanggal Login\n");
printf("Hari :
");
scanf("%d",&user[i].tglLogin.dd);
printf("Bulan :
");
scanf("%d",&user[i].tglLogin.mm);
printf("Tahun :
");
scanf("%d",&user[i].tglLogin.yyyy);
printf("Waktu Login\n");
printf("Jam :
");
scanf("%d",&user[i].waktuLogin.h);
printf("Menit :
");
scanf("%d",&user[i].waktuLogin.m);
printf("Detik :
");
scanf("%d",&user[i].waktuLogin.s);
printf("Terimakasih Atas Pengisiannya\n");
printf("\nData User ke-%d:\n",i+1);
printf("Login ID
: %d\n",user[i].ID);
printf("LoginDate : %d - %d -
%d\n",user[i].tglLogin.dd,
user[i].tglLogin.mm,user[i].tglLogin.yyyy);
printf("Login Time :
%d:%d:%d\n",user[i].waktuLogin.h,
user[i].waktuLogin.m,user[i].waktuLogin.s);
}
getch();
}
Hasil
eksekusi program di atas
Contoh 6 penggunaan class pada
C++:
#include
<iostream.h>
class Dog {
private:
int age;
int weight;
public:
Dog(); //Constructor
~Dog(); //Destructor
void setAge(int age);
int getAge();
void setWeight(int weight);
int getWeight();
void speak();
};
Dog::Dog()
{
age = 0;
weight = 0;
cout << "Dog Constructor Called" <<
endl;
}
Dog::~Dog()
{
cout <<"Dog Destructor Called"<<
endl;
}
void Dog::setAge(int age)
{
this->age
= age;
}
int Dog::getAge()
{
return age;
}
void Dog::setWeight(int weight)
{
this->weight
= weight;
}
int Dog::getWeight()
{
return weight;
}
void Dog::speak()
{
cout <<
"BARK!!" << endl;
}
int main()
{
Dog fido;
Dog rover;
cout << "Rover is "<<
rover.getAge()<<"years old."<<endl;
cout <<"He weighs
"<<rover.getWeight()<<"lbs."<< endl;
cout << endl;
cout << "Updating Rover's Age and Weight"
<< endl;
rover.setAge(1);
rover.setWeight(10);
cout <<"Rover is "<<
rover.getAge()<<"years old."<< endl;
cout <<"He weighs
"<<rover.getWeight()<<" lbs."<< endl;
cout << endl;
cout << "Fido is "<< fido.getAge()<<
" years old."<< endl;
cout << "He weighs "<<
fido.getWeight()<< " lbs."<< endl;
cout << "Setting Fido to be the same as Rover"<<
endl; fido = rover;
cout << "Fido is "<< fido.getAge()<<
" years old."<< endl;
cout << "He weighs "<<
fido.getWeight()<< " lbs."<< endl;
rover.speak();
fido.speak();
return 0;
}
Hasil
eksekusi program di atas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar